Aplikasi Antrian Bank/Kantor dengan Koneksi PC-LAN (Bag.1)

Tags

, , , , , , ,

Nah sesuai yang sudah dijanjikan ke pembaca yang budiman. maka tulisan mengenai Aplikasi Antrian Kantor menggunakan Winsock VB6 kita mulai. Ceritanya begini, sebelumnya ini customer sudah punya mesin antrian menggunakan touchscreen, pos printer, display menggunakan 7 segmen. Lantas tiba2 programnya ngga bisa dipakai. Lalu dengan bekal sedikit pengetahuan VB6 dan koneksi internet untuk konsultasi dengan si mbah google maka dengan percaya diri (plus sedikit BONEK) menawarkan diri ke ini Kantor. Begitulah sob awal mula di developnya program ini.

So selanjutnya, what do we need ??? first of all tentu

  1. Microsoft Visual Basic 6.0 (Nggak ikut punya software soalnya minta belikan kantor , kebetulan baru belajar coding ya cuman nih. Jadi malu).
  2. SQL Server ?? * opsional deh, kalo mau dipakai ya boleh, tapi untuk aplikasi ini ngga pakai program nih sebab nih aplikasi kondisi darurat harus segera dipakai karena program sebelumnya nggak jalan.
  3. Notepad (jangan anggap remeh nih program).
  4. Printer POS (buat cetak Nomer Antrian)
  5. Layar Sentuh (Monitor Touchscreen) buat Nasabah

Alhamdulillah ! Kebetulan nomer 5-6 sudah tersedia dari Aplikasi yang sebelumnya, tinggal cari codingnya nih hehehe.

a. PC Server :
Komputer ini bisa dipakai juga untuk display ke Nasabah (pake Tipi yang gede), Terdapat data yang sudah dipanggil

b. PC Ticket  :
Komputer ini untuk ngeluarin ticket, juga terdapat data yang daftar tunggu dan nomer antrian terakhir yang akan dicetak (spt Gambar). Monitor touchscreen, Printer POS diaplikasikan di PC ini.

c. PC Client   :  Yang dipakai untuk CS, Teller Kasir dan lain-lain (kalau PC yang ini gak ada suruh tutup aja kantor -nya …. emang mau transaksi pakai apa ??? hehehe)
Gambar client

Pembahasan :

ada 3 Coding untuk masing-masing bagian (Server, Ticket, dan User)
________

catatan : Server dan Ticket sebenarnya bisa digabung cuman ternyata pengaruh dari sound-nya ke Ticketing. Ticket nggak bisa dipencet sampe soundnya selesai. Nah lo !!!

Flowchart (alur cerita) :

Pertama : Aktifkan Winsock Server sebagai Host (

With Winsock1(0)
.Close
.LocalPort = LOCAL_PORT
.Listen
End With

kemudian ambil data-data yang akan dipergunakan untuk proses antrian :
Pertama : ambil data panggil.txt (data yang sudah dipanggil oleh para CS dan Kasir)
codenya :
Open “C:\Siera\panggil.txt” For Input As #FF
Line Input #FF, strLine1 ‘—- bagian Kasir Loket 1
Line Input #FF, strLine2 ‘—- bagian Kasir Loket 2
Line Input #FF, strLine3 ‘—- bagian Kasir Loket 3
Line Input #FF, strLine4 ‘—- bagian Kasir Loket 4
…dst
Close #FF

Kedua : ambil data ticket.txt (data nomer terakhir dan yang sedang menunggu)

format teks ana :
KS:010 ‘ nomer antrian terakhir untuk Kasir yang sudah tercetak adalah 10
CS:522 ‘ nomer antrian terakhir untuk CS yang sudah tercetak adalah 522 (batas nomer Kasir adalah 499)
….. dan bagian-bagian lain
NKS008 ‘sedang menunggu dipanggil Kasir adalah 8 orang (berarti yang sudah dilayani ada 2 orang ye ????)
NCS021 ‘sedang menunggu dipanggil CS adalah 21 orang (berarti yang sudah dilayani ada 1 orang ye ????)
….. dan bagian-bagian lain

Kodingnya :
Open “\\127.29.18.170\ticket.txt” For Input As #FF  ‘PC Ticket IP-nya \\127.29.18.170
Line Input #FF, strtunggu1
Line Input #FF, strtunggu2
Line Input #FF, strtunggu3
Line Input #FF, strtunggu4
Line Input #FF, strtunggu5
Line Input #FF, strtunggu6
Line Input #FF, strtunggu7
Line Input #FF, strtunggu8
Close #FF

codenya :
Open “C:\Siera\panggil.txt” For Input As #FF
Line Input #FF, strLine1 ‘—- bagian Kasir Loket 1
Line Input #FF, strLine2 ‘—- bagian Kasir Loket 2
Line Input #FF, strLine3 ‘—- bagian Kasir Loket 3
Line Input #FF, strLine4 ‘—- bagian Kasir Loket 4
…dst
Close #FF

With Winsock1(0)

.Close
.LocalPort = LOCAL_PORT
.Listen
End With

Bagian Pertama dah kelar kita bahas ……………… break dulu yah (insyallah ada sambungannya)
Alhamdulillahirabbil alamin.
Wallahua’lam bishowab.

Advertisements

Koneksi Antar PC dalam LAN ( Aplikasi Antrian Bank )

Tags

, , , , , , ,

Setelah lama bingung mencari tahu bagaimana cara agar setiap perubahan di PC client A bisa dibaca dan direspon langsung oleh PC lainn di Jaringan. Komunikasi antar PC di Jaringan Komputer. Sekarang dah ketemu berkat browsing di Google, ternyata caranya cukup sederhana yaitu dengan menggunakan component VB6 yang berupa Microsoft Winsock Control 6.0. yup dengan winsock kita sudah bisa berkomunikasi dengan PC Client lain ataupun PC yang kita jadikan Server Komunikasi untuk kemudian setiap perubahan di PC satu akan di teruskan ke semua PC Client yang sudah terhubung melalui winsock dengan metode Listen (dataarrival).

Dengan kontrol ini maka semua Komputer yang diperlukan dan dipasang Winsock ini bisa saling berkomunikasi bahakan mengirim File dari jaringan Komputer. beberapa aplikasi yang pernah aku buat dari VB6  dengan Control Winsock ini contohnya Aplikasi Pemanggil Antrian, Chatting antar pengguna.

server aplikasi antrian bank

server aplikasi Antrian bank Kantor

aplikasi Ticket antrian Bank Jalim

aplikasi di mesin ticket tinggal pencet tombolnya keluar deh ticketnya

aplikasi Client Pemanggil Bank Jalim

Client Pemanggil, Tekan panggil atau ulang

Insyaallah detilnya kita bahas berikutnya ………

Titik Balik Kehidupanku !!!

Tags

, , , , , , , ,

Kecelakaan beruntun juga terjadi di Jalan Suropati Malang (depan markas Topografi Dam V Brawijaya), kemarin. Mobil Daihatsu Xenia, N 487 CQ terbalik, setelah menabrak mobil Isuzu Panther, N 1714 BZ yang parkir ditepi jalan tersebut. Akibatnya, mobil panther terdorong, dan kemudian menabrak mobil Suzuki Karimun N 1745 AE yang ada di depannya.


Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, Sigit Hariono, 36 tahun, pengemudi Xenia yang pernah tinggal di Jalan Simpang Bogor Malang dan dua anaknya, M Zaki, 8 tahun dan M Jayan, 9 tahun syok. Salah seorang kerabatnya mengatakan, korban diduga tidak konsentrasi karena harus menghadiri pemakaman ibunya di TPU Samaan. (ira/mar) Malang Post Selasa, 06 September 2011 14:43

Sungguh telah Engkau berikan jalan yang Terang, namun kegelapan selimut dihatiku telah membuat hatiku tertutup dan tak mampu menerima cahaya-Mu. dan Semoga Engkau berikan kekuatan serta Rizki-Mu pada diriku dan keluargaku untuk segera keluar dari himpitan ini.