Instalasi XAMPP secara default akan menggunakan port 80 untuk apache dan SSL 443 untuk port SSL. Namun karena suatu sebab kita akan dihadapkan pada keadaan dimana port2 tersebut sudah terpakai oleh aplikasi lain dan apabila ingin merubah port tersebut diatas maka langkah2 yang bisa dilakukan setelah instalase adalah :

  1. Jalankan XAMPP Control klik tombol config pada baris apache (Buka file httpd.conf)1

  2. Kemudian cari baris ” Listen 80 “, ubah menjadi port yang diinginkan misalnya : Listen 8090
    2
    m
    asih pada file yang sama kemudian cari baris ServerName localhost:80 ubah dan sesuaikan seperti diatas menjadi ServerName localhost:8090 . Lalu simpan perubahan pada file httpd.conf tersebut kemudian tutup file tersebut.
  3. Langkah selanjutnya adalah ubah pengaturan port SSL Apache. Caranya hampir sama dengan cara saat mengubah port apache yaitu jalankan XAMPP Control klik tombol config pada baris apache (Buka file httpd-ssl.conf)
    3
  4.  Kemudian Carilah baris “Listen 443″ dan ubah menjadi “Listen 4433″, selanjutnya masih pada file yang sama cari dan ubah  baris <VirtualHost _default_:4433> . Setelah itu Simpan perubahan dan tutup file tersebut.
  5. Langkah berikutnya adalah klik tombol Start pada baris Apache, apabila nampak seperti gambar berikut, maka port apache anda sudah bisa jalan.
    4
  6. Selanjutnya adalah mencoba akses di web browser. default dari akses xampp adalah localhost/ namun karena kita telah mengubah default dari port apache menjadi 8090 maka untuk mengaksesnya kita menggunakan alamat localhost:8090/
    5
Advertisements