Tags

, , , , , , ,

Sehubungan dengan projek Sistem Informasi Akademik yang sedang saya kerjakan pada salah satu Universitas di Surabaya. Setelah aplikasi sudah siap untuk dijalankan. Mendadak ada permintaan dari rektor untuk mengintegrasikan dengan manajemen sistem yang ada di Universitas.

Well, pada akhirnya Pembeli adalah raja. setelah sekian lama bergelut lagi dengan <? coding2 ?> maka kembali saya berhadapan dengan masalah yang baru. sistem berjalan ok, namun bagian akademik tidak ingin pekerjaannya melalui internet tapi cukup dengan intranet. CETARRR !!!! … padahal bagian marketing ingin pendaftaran dari web langsung masuk ke database. CETAARRRRR lagi !!!! … konflik kepentingan … pihak universitas tidak mau tahu. yang penting semua terintegrasi ebgitu juga dengan KRS ONLINEnya. CETARRR !!! bikin pusing membahana.

Beruntung Departemen ITnya punya IPPublik tersisa…. alhamdulillah satu masalah teratasi. dengan bantuan Network Admin, akhirnya online lah Sistem akademik dengan memakai server Universitas sendiri.

stelah ujicoba, hasilnya CETTTAAAR lagi … KRS Online dan Pendaftaran bila diakses pada IPaddress di Browser muncul IPPublik nya. Wah ini gawat ini. Terpaksa tanya2 lagi ke teman2 n mbah google. Ngga ketemu …. Tanya Dosen teranyata pak dosen juga menghadapi kasus yang sama untuk side projectnya GUUUBBBRAKKK.

Dengan perjuangan yang sering mengenal lelah maka aku utak-atik lah CPANEL. JRRRRREEEEENNNG IP Publik berganti dengan Nama SubDomain. CLING !!!.

Caranya adalah sebagai berikut :

1. Cari Bagian Domain

1domain

2.Pilih Simple DNS Zone Editor
3. Pilih domain nya
4. Pada Add an A Record tambahkan subdomain yang dikehendaki,
misalnya : daftaronline.universitasabc.edu
5. Isiskan address dengan address IP Publik.
6. Klik tombol Add a Record.

Selesai ?????!!! Belum ……

ternyata ketika diakses yang tampil adalah halaman index XAMPP (secara pake xampp). Tinggal edit saja dan redirect ke folder htdocs nya.

Script asli index.php pada xampp :

<?php 
if (!empty($_SERVER['HTTPS']) && ('on' == $_SERVER['HTTPS'])) {$uri = 'https://';
} else {
$uri = 'http://';
}
$uri .= $_SERVER['HTTP_HOST'];
// header('Location: '.$uri.'/xampp/'); // ini aslinya
header('Location: '.$uri.'/foldernya_sampean/'); // ganti dengan ini
exit;
?>
Something is wrong with the XAMPP installation :-(
Advertisements